head

Sabtu, 19 Februari 2011

Peristiwa Kimia Pada Minuman Bersoda!!!!

Minuman soda ada proses kimianya? Banyak....Tapi yang akan aku bahas kali ini hanya peristiwa ketika kita membuka botolnya pertama kali. Ok, here we goes...

  Soda ~(sebenarnya bir dan sampanye juga sih, tapi aku ngebahas soda aja)~ berdesis ketika dibuka berkat gas karbon dioksida, yang telah dilarutkan ke dalam cairan selama proses pembotolan. Suara desis terjadi ketika gelembung-gelembung karbon dioksida kabur dari cairan ke udara bebas.Ketika itu terjadi di mulut kita, kita mendapatkan sensasi tajam yang menggelitik. Tapi, kalau desis itu terlalu kuat, busa akan lengket atau menyebar ke mana-mana.


  Dalam proses pembotolan, gas tadi dimampatkan sampai mencapai tekanan kira-kira 2 kali tekanan udara dalam ban mobil. Pada saat botol itu dibuka, biarpun udah hati-hati, karbon dioksida bertekanan itu langsung bersemangat karena mendapat kesempatan untuk menghirup udara bebas. Maklum, di dalam botol kan sempit, ditekanan tinggi lagi. Maka tidak mengherankan bila seluruh karbon dioksida yang semula terlarut serempak berdesakan keluar dari minuman.

  Oh ya, soda itu sebenarnya hasil dari reaksi antara karbon dioksida tadi dengan air, yaitu berupa asam karbonat (sering ditulis di botolnya kan, MINUMAN BERKARBONASI). Asam karbonat itulah yang menambah rasa agak tajam yang khas pada soda.


  Kembali ke masalah awal, seperti yang udah kusebutkan tadi, gas yang dimapatkan itu kan mau keluar tuh, tapi sebenarnya prosesnya itu berjalan lambat lho. Karbon dioksida tidak keluar sekaligus satu keluarga besar, mereka keluar dalam kelompok kecil gas-gas. Itulah kenapa ketika kita menuang minuman bersoda ke gelas, dan membiarkannya cukup lama, ia akan kehilangan sodanya dan hanya menjadi seperti sirup biasa.

  Jadi Bagaimana untuk menjaga sodanya agar jangan berkurang??
Oh..tidak bisa. Biar gimanapun pasti berkurang, tapi kita bisa memperlambat nya dengan cara jangan membuka tutup botolnya lama-lama, dan menyimpannya di kulkas, karena udara dingin sangat membantu lho (kapan-kapan aku kasih tau kenapa ia sangat membantu).


  Terus kalau mau mempercepat sodanya keluar gimana??
Gampang....tinggal arahkan bagian atas botol ke wajah kalian. Kocok botolnya sekuat tenaga (kalau perlu kocok tuh botol rame-rame). Terus buka tutupnya....

Silahkan dicoba!!!

http://angel-faceddemon.blogspot.com/2011/01/peristiwa-kimia-pada-minuman-bersoda.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar