head

Jumat, 18 Februari 2011

Manjakan Rambut dengan Bahan Alami

Ingin rambut lebih sehat dan memesona? Manfaatkan kekayaan dari alam untuk merawatnya.


VIVAnews - Rambut adalah bagian penting bagi penampilan seorang wanita. Selain menunjang penampilan, bagian tubuh yang satu ini memiliki tugas penting melindungi kulit kepala dari panasnya sengatan matahari dan cuaca tak bersahabat lainnya.

Kesibukan kerja yang menyebabkan stress dan tingkat polusi yang tinggi sangat berbahaya untuk kesehatan rambut. Rambut menjadi rapuh dan rontok serta kulit kepala berketombe terjadi karena akar rambut (folikel) kurang memperoleh nutrisi. Selain karena faktor cuaca, makanan yang kita asup juga besar pengaruhnya pada kondisi rambut.


Kerusakan makin parah jika kita sering membebani rambut dengan penggunaan hair dryer atau pewarna rambut. Panasnya hair dryer dan bahan kimia membuat rambut kehilangan kelembaban alaminya sehingga terlihat kusam dan rapuh.

Untuk mengembalikan kecantikan rambut, lakukan perawatan rutin. Jika tak sempat ke salon, Anda bisa, kok, melakukan perawatan sendiri di rumah dengan bahan alami. Mau mencoba?

•    Teh
Bukan hanya untuk kesehatan tubuh, teh juga baik untuk kecantikan rambut. Semua jenis teh mempunyai kemampuan masing-masing menyehatkan rambut. Kandungan antioksidan pada teh hijau (green tea) mampu melindungrambut dari paparan polusi yang jahat. Teh melati dipercaya mampu meningkatkan kilau rambut. Sedangkan teh rasa mint bisa dipilih untuk menyejukkan kulit kepala. Kandungan mint yang segar mampu menghilangkan lemak dan ketombe serta mengurangi rasa gatal di kulit kepala.

•    Telur AyamBahan makanan yang satu ini sangat baik sebagai kondisioner rambut. Kandungan proteinnya yang tinggi membantu memperkuat dan menebalkan rambut. Perawatan rambut dengan telur juga akan menambah kilau rambut. Tapi bau amis telur terkadang membuat kita enggan menggunakannya. Untuk menghilangkan bau amis, tetesan perasan jeruk lemon ke dalam telur yang sudah dikocok. Baru dioleskan ke rambut sebagai masker.

•    Cokelat
Untuk rambut kering, coba perawatan dengan masker cokelat. Cokelat bisa mengembalikan kelembaban kulit kepala dan rambut. Rambut pun lebih lembut dan halus. Wangi cokelat yang manis dan lembut juga membuat perasaan lebih relaks selama dan sesudah perawatan.

•    Yoghurt
Khasiat yoghurt untuk kulit bukan rahasia. Anda juga bisa membuktikan manfaatnya untuk menutrisi rambut. Yoghurt bisa melembabkan dan menguatkan akar rambut, sehingga mencegah kerontokan.  Selain itu, penggunaan yoghurt secara rutin juga akan mencegah rambut lekas beruban. Gunakan yoghurt sebagai masker rambut dengan teratur setiap dua minggu sekali. Rambut pun kian bercahaya.

VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar