head

Kamis, 03 Februari 2011

Kita Sudah Kehabisan Alamat Internet

Alamat Internet sudah semakin menipis. Untuk saat ini, harapan satu-satunya adalah IPv6.

Jangan Panik, tapi kita memang sudah kehabisan alamat Internet. Bukan nama domain, nama-nama situs yang Anda lihat di bagian atas halaman dan yang selalu memulai dengan beberapa persamaan dari "http://" dan "www". Namun kita bisa kehabisan protokol Internet atau IP alamat Internet dalam waktu kurang dari setahun.
 Alamat IP merupakan angka-angka yang ditetapkan untuk semua perangkat komputer, telepon, mobil, sensor nirkabel, yang log on ke Internet, temasuk perangkat digital populer seperti Smartphone, multimedia player, danmasih banyak lagi lainnya.
  Menurut blog Read Write Web, Internet berubah dan berkembang sangat cepat. Dengan begitu banyaknya pernagkat Mobile jenis baru yang terhubung, dengan cepat kita akan kehabisan angka-angka untuk mendaftarkan semua perangkat elektronik tersebut.
  Alasan utama yang harus kita khawatirkan adalah ledakan data yang akan terjadi pada web, akibat berkembangnya data sensor, grid cerdas, dan RFID yang besar.
   Alasan lainnya adalah peningkatan pengguna perangkat mobile yang melakukan koneksi ke Internet.dan pertumbuhan tahunan pemilik user content di web.
   Hanya ada 4 milyar alamat Internet yang kemungkinan belum digunakan pada sistem saat ini, dan mereka semua akan habis dalam waktu kurang dari setahun. Jadi, apa yang harus kita lakukan?
  Untuk awalnya, kita dapat membuat nomor-nomor lebih banyak.Sayangnya, saat ini sistem untuk membuat alamat IP, yang tampak seperti rangkaian empat nomor dengan jarak diantara nomor, hanya dapat menangani 32-bit data.
   Untuk mengakomodasikan alamat IP yang semakin berkurang, peneliti Internet sedang mengerjakan versi baru dari alamat IP, disebut IPv6, Alamat IP "versi enam" ini kemungkinan lebih banyak alamat IP disimpan, dengan masing-masing IP menggunakan 128-bit info.

sumber: PCMEDIA
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar