head

Kamis, 03 Februari 2011

Lip Gloss & Resiko Kanker Kulit


Berita baru dalam dunia kecantikan, lip balm yang mengkilap atau lip gloss dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker kulit. Peringatan ini diberikan oleh dermatologis di Baylor Univercity Medical Center, Dallas, Amerika.

Dikatakan bahwa penyebabnya adalah karena kilau dari produk tersebut dapat menarik sinar ultraviolet ke bibir pemakainya dan kita tahu bahwa sinar UV adalah salah satu penyebab utama dari kanker kulit.
Melindungi bibir dari paparan sinar matahari yang berbahaya adalah sama pentingnya dengan penggunaan sunscreen untuk melindungi kulit kita. Dari studi yang diadakan di Amerika, terdapat hanya sekitar kurang dari 25% penduduknya yang menggunakan produk pelindung bibir. Bagaimana lagi dengan di Indonesia, yang mayoritas masih belum menjadikan sunscreen sebagai salah satu kebutuhan utama sebagai perlidungan kulit karena pemakaiannya masih belum memasyarakat.

Bibir kita memiliki kecenderungan lebih rentan untuk mengalami penuaan karena kerusakan yang diakibatkan oleh papran sinar matahari dan juga lebih rentan untuk mengalami kanker kulit serius. Ketika kanker kulit terjadi pada bibir bagian bawah, ia memiliki potensi untuk berkembang menjadi lebih agresif dan menyebar ke kelenjar getah bening (nodus limfatikus) di sekitarnya.

Produk lip balm yang berkilau ataupun lip gloss biasa sama sekali tidak menyediakan perlindungan yang dibutuhkan oleh bibir. Sebaliknya, produk-produk tersebut malah mengundang sinar matahari kepada bibir kita.

Apa yang tidak disadari oleh kebanyakan orang adalah bahwa mereka sebenarnya menambah penetrasi terhadap sinar atau cahaya melalui permukaan bibir dengan mengaplikasikan sesuatu yang bening dan berkilauan ke bibir mereka. Para ahli kesehatan kulit menyarankan bahwa wanita sebaiknya mengenakan lipstik yang dapat mengeluarkan efek glossy atau kilau di bawah sinar matahari hanya jika mereka sudah mengaplikasikan produk sejenis sunblock atau sunscreen pada lapisan bawahnya.



Siapapun juga, jika hendak merencanakan untuk berada di luar ruangan lebih dari 20 menit pada cuaca terang, sangat disarankan untuk menggunakan sunblock khusus bibir dengan kadar SPF 30. Bagi para wanita, sebaiknya sunblock untuk bibir ini diaplikasikan pada pagi hari sebelum beraktifitas, sebelum mengaplikasikan lipstik atau lipgloss yang biasa mereka gunakan, lalu ulangi menggunakan sunblock ini secara berkala sepanjang hari itu.Saat ini sudah tersedia produk-produk pemulas bibir yang juga mengandung kadar SPF di dalamnya,dan ini dapat menjadi pilihan alternatif bagi para wanita bila tidak ingin membawa terlalu banyak produk dalam tas tangan mereka.

Kita harus memeriksakan bibir kita apabila terdapat tanda-tanda adanya kanker. Berkonsultasi langsung ke dermatologis yang terpercaya adalah langkah yang benar,terutama jika kita menemukan kelainan apapun yang terjadi pada bibir kita, misalnya perubahan warna pada permukaan bibir (terdapat suatu area yang berubah warna menjadi keputihan atau buram), atau mungkin sering terjadi pengelupasan pada kulit bibir serta keadaan bersisik pada kuliat bibir yang persisten atau menetap dalam waktu cukup lama. 

sumber: Femina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar